Jalan-jalan Jayapura (08) : Peninggalan PD II di Bukit Mac Arthur


Siapa sangka di Sentani terdapat spot dimana kita bisa melihat Kota dan Bandara Sentani dengan begitu jelasnya. Itulah bukit Mac Arthur atau lebih tepatnya sih Situs Tugu Mac Arthur, yang berada di dalam kompleks TNI AD, sehingga kita harus mengikuti prosedur yang diterapkan seperti meninggalkan KTP dan benar-benar disiplin dengan jam buka - tutup. Seram? Oh tidak, bahkan aku diantar oleh petugas jaga karena dikhawatirkan tersesat karena perjalanan masih cukup jauh dan melewati beberapa tikungan.

Alkisah, tentara Sekutu yang sedang berperang melawan Jepang di Pasifik mendirikan markas besarnya disini. Jenderal Mac Arthur lah yang menjadi pimpinan disini membawahi seluruh area pasifik. Disini pun terdiri dari berbagai resimen dari angkatan udara, darat dan laut dengan ribuan personil dan peralatannya. Sekarang ini, area ini telah diambil alih oleh TNI AD.






Selain Tugu Mac Arthur yang berada di atas bukit, pemandangan alam lah yang menjadi sajian utama tempat ini. Kalau saja tidak panas, aku betah berlama-lama di tempat ini, tempat yang persis di tepi tebing, tempat kita bisa melihat keseluruhan 180⁰








Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jalan-jalan Biak (02) - Kota Biak (01), pembuka saja...

Jalan-jalan Jayapura (09) : Pesawat Terbang mejeng di Koya Timur

Jalan-jalan Manokwari (1) : Kesan pertama sangat menggoda